Biografi KH. Ahmad Dahlan

beliau lahir pada tahun 1869 di kauman dengan nama asli Muhammad Darwisy dan  dengan ayahnya yang bernama KH Abu Bakar ialah seorang khalib mesjid agung kauman dan ibu siti aminah.

permulaan pendidikan agama didapat dari ayahnya sendiri. pada usia 8 tahun beliau sudah lancar membaca bahkan khatam al-quran. setelah agak dewasa M. darwisy belajar agama pada berbagai tokoh dengan bidang ilmunya masing-masing, seperti ilmu fiqh pada KH. Muh. saleh, ilmu nahhwu pada KH. muchsin serta ilmu falak pada KH dahla (Termas).       

pada tahun 1889 M darwisy menikah dengan siti walidah dan beberapa bulan kemudian berangakat menunaikan ibadah haji serta tinggal ( mukmin) di mekkah selama 8 bulan untuk menentut ilmu. kemudian sepulang dari tanah suci berganti nama dengan ahmad dahlan, dan membantu ayahnya untuk mengajar. sehingga mendapatkan gelar kyai dari masyarakat.

tahun 1896 ayahnya wafat, dan beliau mengganti kedudukan ayahnya sebagai khalib di mesjid agung. pada tahun 1899 beliau memperluas musholla peninggalan ayahnya dengan arah kiblat yang dihitung dengan tepat (miring utara). hal ini menggoncangkan masyarakat waktu itu, mesjid besar kauman dibuat garis shaf agar arah kiblatnya benar. kejadian ini menggemparkan dan mengusik perhatian kyai pengulu sehingga memperhatikan mushalla tersebut dibongkar.

pada tahun 1903, KH ahmad dahlan kembali pergi haji beserta putranya M. siraj dan mukmindi mekkah selama 1,5 tahun. sepulang dari mekkah KH ahmad dahlan mendirikan pondok untuk muridnya yang datang dari luar kota.

pada tahun 1909 memasuki budi utomo, sekaligus untuk berdakwah dan mengajar kweekschool (sekolah raja). tahun 1912 mendirikan sekolah rakyat dirumahnya. pada tanggal 18 november 1912 M atau 8 dzulhijjah 1330 H mendirikan perkumpulan muhammadiyah melalui budi utomo.

ditengah usahanya berdakwah, ajal menjemputnya pada tanggal 23 februari 1923 atau 7 rajab 1340 H. KH ahmad dahlan dimakamkan di karangkanjen. pada hari pemakamanya jogjakarta berkabung, semua sekolah (negeri atau swasta) diliburkan. di muka jenazah berbasis pandu Hizbul wathan dan masyarakat mengiringi sepanjang jalan.

About these ads

2 Responses to Biografi KH. Ahmad Dahlan

  1. yusufharfi mengatakan:

    ini dia salah satu pahlawan nasional indonesia,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: